Senin, 29 November 2010

Browse: Home / / Bangkitkan Budaya Tradisional yang Nyaris Punah

Bangkitkan Budaya Tradisional yang Nyaris Punah

TANAH GROGOT-Upaya menggali potensi seni budaya dan olah raga tradisional  yang pernah berkembang di lingkungan masyarakat Paser  yang saat ini mulai dilupakan, terus menjadi perhatian Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dibudparpora) Paser, khususnya melalui bidang Kebudayaan.
Salah satu yang menjadi program rutin upaya menggali potensi seni budaya serta olah raga tradisional tersebut adalah melalui Festival Paser  Pedalaman, dan tahun ini kecamatan yang mendapat giliran adalah Long Kali.
Untuk mensukseskan even budaya tahunan  di laksanakan di kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Penajam  tersebut, Kamis (25/11) pekan kemarin, Kepala Disbudparpora Paser Hj Herwati didampingi Kabid Kebudayaan Yunus Abidin, Kabid Pemuda Amir Faisol serta mewakili Kabid Pariwisata  Masud Leman melakukan rapat koordinasi bersama unsur kecamatan, kelurahan, pendidikan  serta seluruh kepala desa di Kecamatan Long Kali.
Menurut Herwati,  Festival Paser Pedalaman bertujuan  melestarikan nilai budaya tradisional, bangun budaya yang punah serta tingkatkan daya tarik wisata. Sedangkan kegiatannya, selain festival seni budaya juga kegiatan olah raga tradisional, baik yang pernah berkembang pada masanya maupun kegiatan budaya yang ada dimasyarakat saat ini. “Silakan tampikan potensi seni tradisional  tari maupun olah raga tradisional masing-masing desa.,” katanya.
Festival Paser Pedalaman dijadwalkan akan digelar di lokasi Wisata Danum Layong, Long Kali, pada 19 Desember  mendatang dengan kategori lomba,  untuk seni tari meliputi tari tingkat SD, SLTP, SLTA dan umum serta lomba Gendang Agong atau seni bela diri Kuntau. Sementara cabang olahraga tradisional yang dilombakan meliputi belogo, bakiak, engrang serta sorong bambu.
Terkait peringatan HUT ke 51 Kabupaten Paser yang jatuh setiap 29 Desember, menurut Herwati untuk tahun ini akan digelar Festival Budaya Kembo dan pameran produk usaha kerajinan masyarakat Paser dengan lokasi dipusatkan di Arena Promosi Putri Petong Tanah Grogot.
“Selain itu pada tanggal 29 Desember atau bertepatan dengan hari H peringatan Hari Jadi Kabupaten Paser akan digelar pawai budaya yang akan diikuti seluruh kecamatan,” kata mantan Asisten II Pemkab Paser ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Free Your Mind

Friends